Kamis, 12 Maret 2009

Bermimpilah dan wujudkan!


----
sukses tidak datang dengan sendirinya
jalan yang berliku, tebing yang terjal harus dilalui
dihiasi dengan cucuran keringat dan air mata
serta cercaan dari orang lain
kemauan dan kerja keras
itulah harga mati yang harus dibayar
kesuksesan tidak pernah memandang muka dan rupa
ia akan hinggap kepada siapa saja yang berusaha untuk meraihnya
cepat atau lambat, tidak masalah, yang penting bagaimana kemauan dan kerja keras kita.
----

Mimpi …
Adalah kunci…
Untuk kita menaklukkan dunia….
(Backsound –laskar pelangi-)
Mungkin, bagi sebagian orang menjadi pengusaha adalah susah, banyak resiko, dan tidak tetap penghasilannya. Padahal, menjadi seorang entrepreneur bisa jadi adalah cita-cita. Setiap orang bisa beralasan apapun, tapi yang terpenting adalah setiap orang berkesempatan, berpeluang untuk menjadi seorang wirausaha. Nah, gimana caranya jadi pengusaha…?

Mulai dari sekarang
Bisnis rumahan yang dikelola secara professional, akan menjadi besar, seperti wardah sekarang, yang dulunya hanya dimulai dari bisnis rumahan yang sangat sederhana. Yang terpenting adalah berani memulai, apapun yang terjadi, bukan berarti mengambil resiko secara serampangan tapi tetap memperhitungkan resiko, agar siap dengan keadaan yang akan menimpa suatu saat.

Awali dengan mimpi dulu
Kenyataan sekarang berawal dari mimpi-mimpi terdahulu, jadi bermimpilah besar. Seorang bill gates, menjadi boss micosoft, karena dia mempunyai mimpi- Computer on every desk and everu home- kenyataanya ? nah, jadi jangan takut untuk bermimpi.

Modal tidak harus uang
Jika kita sudah mempunyai mimpi, yang harus dilakukan adalah melakukannya. Yang jelas untuk memulai usaha tidak melulu harus uang yang jadi modal, tapi keberanianlah yang paling penting. Yakin dan percaya pada Allah, yakin bahwa menjadi seorang entrepreneur mempunyai banyak manfaat yang luar biasa, menciptakan lapangan pekerjaan, dll, tidak lepas dari identitas seorang muslim tentunya, memperbanyak sedekah adalah kunci terjaganya harta kita dari bagian-bagian harta yang menjadi hak fakir miskin.
Banyak bisnis yang tidak perlu modal uang, misalnya menjualkan barang milik orang, menjadi tentor pelajaran sekolah, juga sangat menguntungkan, modalnya cukup ilmu-ilmu yang pernah kita pelajari, bukan?dsb. Jadi kenapa harus takut ga punya modal?

Berani gagal
Kesungguhan dan keseriusan dalam usaha adalah seleksi alam, sebab tidak setiap usaha yang kita kerjakan sesuai dengan apa yang kita impikan. Oleh karena itu, faktor resiko yang diperhitungkan dan berani mencoba dan gagal jika suatu saat memang usaha tersebut tidak menjanjika sesuatu yang berarti atau tidak sesuai dengan hobi dan kebiasaan kita.
Makanya, kerja keras tidak cukup hanya cukup modal dan barang, tapi keuletan, pengelolaan keuangan dll adalah sekian dari faktor pendukung yang menjadikan usaha dapat berlangsung awet dan lama. Hal terpenting dalam menjaga pasar adalah inovasi yang tinggi dan pelayanana-pelayanan untuk memuaskan konsumen adalah hal terpenting dalam usaha.
Jika kita sudah berani mencoba, berani memulai dan berani gagal, maka kita juga harus berani sukses, intinya seberapa keras kita berusaha, itulah harga yang akan kita dapatkan. Tidak ada kamus gagal dalam diri seorang entrepreneur. Yang ada adalah seberapa cepat anda bangkit dari kegagalan, bagaimana, harus jadi entrepreneur ya! Iya, harus itu, biar banyak memberi kemanfaatan yang lebih besar.

--
bukan kesuksesan yang membuat orang bahagia
namun kebahagiaanlah yang membuat seseorang itu adalah sukses
--
(neea-sjam)

0 komentar: